Membedah Manfaat Daun Jambu Air

Jambu air sudah lama dikenal sebagai buah yang nikmat disantap terutama saat kita sedang diserang dahaga. Kandungan airnya yang tinggi membuat buah yang satu ini menyandang nama “air” atau dalam bahasa inggris sering juga disebut water guava. Anda suka jambu air? Atau bahkan Anda sendiri punya pohon jambu air yang menghiasi pekarangan rumah? Tahukah Anda bahwa menanam pohon jambu air di halaman rumah akan membawa manfaat tersendiri bagi Anda? Sebab, selain buahnya yang bisa dikonsumsi, ternyata manfaat daun jambu air bagi kesehatan kita juga cukup nyata. Jadi menanam jambu air berarti Anda mendapatkan tanaman buah sekaligus tanaman obat!

Manfaat Untuk Kesehatan

Manfaat daun jambu air berkaitan erat dengan senyawa yang dikandungnya. Berdasarkan uji klinis yang dilakukan para ahli, diperoleh data ilmiah bahwa daun jambu biji mengandung antara lain steroid, saponin, dan juga senyawa fenolik. Saponin sendiri merupakan senyawa yang tidak bisa larut di dalam air. Ketiga senyawa inilah yang menjadikan daun jambu air memiliki sejumlah khasiat.

Sudah lama diketahui bahwa daun jambu air bisa menurunkan panas pada penderita demam khususnya pada anak-anak. Caranya cukup mudah yakni dengan mengambil beberapa helai daun jambu air yang diremas-remas kecil dan kemudian dimasukkan ke dalam wadah berisi air hangat. Daun yang telah direndam tersebut kemudian dibunakan untuk mengkompres si penderita demam.

Manfaat daun jambu air
lainnya adalah untuk mengusir sendi yang keseleo, nengkak, masuk angin, luka pada kulit, patah tulang dan masih banyak lagi lainnya. Caranya cukup mudah yakni dengan diolah menjadi sehingga daun menjadi bahan untuk mengurut. Pertama ambillah daun jambu air yang segar dan kemudian remas-remas hingga halus. Kemudian daun yang telah diremas tersebut segera dibalurkan pada bagian tubuh yang dirasa sakit sambil diurut halus. Lakukan rutin maka keluhan Anda akan segera sirna.

Manfaat Dalam Kehidupan Sehari-hari

Selain manfaat daun jambu air yang disebutkan di atas, ternyata dalam kehidupan sehari-hari ia juga menempati perana yang penting. Apabila pekarangan Anda ditanami pohon jambu, maka secara tidak lanagsung Anda telah menciptakan filter debu alamiah. Bagian daun pada pepohonan memang mampi melindungi rumah dari sebuan debu, demikian halnya dengan daun jambu biji yang ukurannya cukup lebar. Manfaat daun jambu lainnya adalah sebagai bahan pembungkus penganan tradisional. Kebiasaan ini masih dijakankan di beberapa wilayah di Nusantara meskipun kini tengah marak kertas pembungkus makanan. Menggunanakan daun jambu ai sebagai pembungkus tentu merupakan pilihan cerdas. Selain hemat atau nir-biaya, kebiasaan ini (meski terkesan sederhana) tetapi juga bisa ikut mereduksi penggunaan kertas yang berujung pada penebangan pohon. Jadi, jangan remehkan manfaat daun jambu air ini.