Sudah Tahu Manfaat Jambu Batu?

Psidium guajava, Guava, jambu siki, klutuk, dan juga jambu biji adalah deretan nama yang menunjuk pada jambu batu. Buah unik yang satu ini diberi nama jambu batu bukan karena ia miirp dengan batu. Hanya saja, untuk terma buah jambu yang lunak dan rapuh, jambu biji ini tentu jauh lebih kokoh dan keras. Jambu batu, sama seperti jenis jambu-jambuan lainnya, cukup mudah ditemukan di Indonesia. Jambu ini memiliki tampilan umum yakni kulit berwarna hijau (kadang juga kuning dan putih) dengan daging buah yang umumnya merah. Jambu batu ini terdiri atas berbagai kultivar antara lain jambu pasar minggu, jambu biji getas merah, jambu biji kristal Taiwan, jambu Bangkok, jambu sukun, jambu Australia dan masih banyak lagi lainnya. Rasa yang manis dan juga tekstur daging yang lembut membuat jambu batu ini populer dijadikan buah meja. Tapi tak hanya sekedar dinikmati, sebab sesungguhnya manfaat jambu batu ini cukup baik untuk kesehatan kita.

Kandungan Jambu Batu


Sudah umum diketahui bahwa manfaat suatu makanan selalu bersumber dari senyawa yang ia kandung. Karena itu, sebelum mengurai apa saja manfaat jambu batu, jauh lebih baik jika kita membedah senyawa apa saja yang ada di dalamnya. Berdasrkan penelitian lanjutan diperoleh data factual bahwa kandungan vitamin C dari jambu batu ini dua kali lipat dari apa yang ada di dalam buah jeruk! Vitamin C sendiri merupakan suatu konsentrat yang memiliki banyak manfaat tak hanya bagi kesehatan tetapi juga untuk kecantikan. Selain vitamin C, jambu batu juga mengandung serat air atau pektin, tannin, likopen (zat karatenoid), minyak atsiri atau eugenol, minyak lemak, zat semak, dammar, triterpinoid dan juga asam apfel. Sementara itu, bagian biji jambu batu ini juga mengandung senyawa penting yakni minyak atsiri, protein dan juga zat tepung.

Apa Saja Manfaatnya?

Berdasarkan kandungannya yang kompleks, peneliti kemudian mengembangkan kajian dan tiba pada kesimpulan bahwa buah jambu batu ini kaya akan khasiat. Adapun manfaat jambu batu yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai penguat jantung, anti-kanker dan juga membantu sistem peredaran darah. Jambu batu mengandung tannin (yang menyebabkan ia memiliki rasa sepat yang khas). Tanin ini diketahui mampu melancarkan peredaran darah dan juga menyerang kinerja virus. Sementara itu, kandungan kalium jambu batu juga sangat baik bagi keteraturan denyut jantung, mampu mengaktifkan kontraksi pada orot serta menjadi organizator gizi di dalam tubuh manusia. Kalium ini juga dikenal sebagai mampu menurnkan kolesterol dan juga menghalai hipertensi.
  2. Manfaat jambu batu lainnya adalah sebagai zat anti-oksidan. Kandungan likopen di dalamnya memberikan perlindungan maksimal pada tubuh dari serjangan beberapa jenis kanker yang ganas. Memang likopen di dalam jambu biji ini cukup melimpah.
  3. Manfaat jambu batu selanjutnya adalah untuk mengobati penyakit demam beradar dengue atau DBD. Caranya sederhana, dengan mengambil jambu biji yang telah matang sebanyak 3 buah. Cuci bersih dan kemudian haluskan. Saring hingga didapatkan sarinya. Minum ramuan ini hingga DBD menghilang.
  4. Membantu meringankan penyakit diabetes. Untuk mendapatkan manfaat jambu batu ini, ambillah satu buah jambu biji yang masih dalam keadaan mengkal. Potong-potong dan kemudian rebus bersama dengan 3 gelas air yang hangat. Tunggu hingga air susut hingga 1 gelas saja. Minumlah sebanyak 2kali dalam sehari. Niscaya penyakit diabetes Anda akan jauh lebih terkontrol.
  5. Mengobati penyakit ambeien. Manfaat jambu batu ini diperoleh dengan cara mengambil buah jambu batu yang masih segar. Rebus bersama air secukupnya sampai ia berubah menjadi cairan yang cukup kental. Selanjutnya angkat dan tunggu hingga hangat. Terakhir, oleskan pada bagian yang Anda rasa sakit.
  6. Manfaat jambu batu selanjutnya adalah mempercantik kulit dan juga melancarkan sistem pencernaan Anda. Ia mengandung vitamin C yang bisa mencerahkan serta membuat Anda selalu segar. Sementara serat pektinnya mampu menyehatkan organ pencernaan Anda.

Manfaat jambu batu ini cukup beragam, ia juga sangat mudah didapatkan di mana-mana. Karena itu, jangan ragu memasukkannya dalam daftar konsumsi buah harian Anda ya.